Senin, 20 Maret 2017

5 Fungsi Wi-fi di smartphone yang belum diketahui banyak orang

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, keberadaan Wi-fi tentu bukanlah hal yang mewah. Beragam perangkat seperti smartphone, televisi, hingga kamera kini sudah punya teknologi Wi-fi.

Penggunaan Wi-fi tentu menjadi primadona bagi siapapun. Karena selain dapat mengganti keberadaan kabel, fungsi-fungsi yang ada pada teknologi Wi-fi juga dianggap sangat membantu.

Namun banyak orang yang hanya tahu jika Wi-fi selalu identik dengan terkoneksi ke internet. Padahal selain itu, ada lagi fungsi Wi-fi khususnya di smartphone yang ternyata jarang digunakan.

1. Mengubah menjadi modem portable.
Kalau yang satu ini mungkin kamu sudah pada tahu. Yap, selain untuk berinternet ria, dengan menggunakan kemampuan tethering, smartphone kamu bisa diubah menjadi pemancar sinyal atau modem Wi-fi. Namun yang mesti diingat, penggunaan tethering secara terus menerus dapat membuat baterai smartphone boros. Gunakan dengan bijak ya...

2. Mengubah smartphone menjadi keyboard atau mouse.
Iya kamu nggak salah dengar. Smartphone yang sedang kamu genggam sekarang ini bisa disulap jadi keyboard atau mouse darurat. Lalu gimana caranya? Kamu tinggal memasang aplikasi remote yang banyak bertebaran di app store seperti Intel Remote Keyboard. Dengan terhubung ke Wi-fi yang sama, kamu bisa mengubah smartphone jadi mouse dan keyboard.

3. Screen mirroring.
Fungsi lainnya dari Wi-fi smartphone adalah kamu bisa membuat apa yang ada di smartphone kamu tampil di layar laptop atau monitor televisi pintar. Dengan begini kamu bisa membuat presentasi cukup dari smartphone kamu. Caranya kamu cuma butuh aplikasi mirroring seperti Cubetto, Pushbullet, atau AirDroid yang banyak bertebaran di app store.

4. Transfer file dari dan ke laptop atau komputer PC.
Hanya dengan memanfaatkan fasilitas Wi-fi, kamu bisa dengan mudah dan cepat mentransfer file-file penting dari smartphone kamu ke laptop ataupun sebaliknya. Caranya, cukup pasang aplikasi transfer file seperti AirDroid atau Xender, dan simsalabim! Kamu nggak perlu repot-repot colok sana colok sini buat transfer data di laptop kamu.

5. Terhubung dengan perangkat lainnya.
Namanya ponsel pintar, tentu bisa berinteraksi dengan perangkat lain yang nggak kalah canggih. Caranya tentu dengan menggunakan teknologi Wi-fi. Perangkat seperti smartwatch, smart TV, hingga kamera mirrorless bisa dengan mudah terhubung dengan smartphone kamu. Caranya kamu tinggal menginstall aplikasi bawaan yang ada pada perangkat tersebut di smartphone kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar