Sabtu, 07 Januari 2017

Pengertian Dan Perkembangan Teknologi Informasi

Tugas resume video modul 1 mata kuliah PTI
Delia Ramadhina Tanzikha (H1031161066)
Program Studi KIMIA
Fakultas MIPA
Universitas Tanjungpura



A. Pengertian Teknologi Informasi

Menurut tokoh tentang pengertian teknologi informasi:

1. Haag dan Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan pemrosesan tertentu.
2. Williams dan Sawyer (2003) berpendapat teknolog informasi merupakan teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Dari definisi beberapa tokoh dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang memberikan informasi dibutuhkan oleh individu (brainware).

Fungsi Teknologi Informasi:
1. Capture : sebagai penangkap proses penyusunan record aktifitas.
2. Proces : mengkomplikasikan catatan rinci aktifitas, pengolahan data, pengolahan informasi, pengolahan kata, pengolahan gambar, pengolahan suara, menganalisis, menghitung, dan mengumpulkan semua bentuk data atau informasi. contoh menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan sebagainya.
3. Generate : fungsinya menghasilkan atau proses mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna baik berupa angka-angka, teks, bunyi atau gambar visual, misalnya laporan, table, grafik, dan sebagainya.
4. Storage : fungsinya merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. misalnya saja disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan sebagainya.
5. Transmit : fungsinya mengirim data dan informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya saja mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya. Contoh Electronic Mail atau E-Mail, Voice Messaging atau Voice Mail.

Tujuan Teknologi Informasi:
- Memecah suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efesiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efesien.

Sejarah Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi dari masa ke masa:
1. Asap digunakan sebagai alat komunikasi primitif.
2. Masyarakat mulai mengenal tulisan (HIEROGLYPH)
3. Menggunakan merpati pos untuk berkirim surat
4. Ditemukan pos surat
5. Alat pembuat dan pengirim sandi morse
6. Ditemukan Telegraf
7. Dan muncul mesin Faximail
8. Mulai diciptakannya telephone sesuai perkembangan jaman
9. Diciptakannya komputer yang canggih


Perkembangan Teknologi Informasi di Masa Sekarang
Hampir semua alat yang kita gunakan di saat ini berbentuk digital, berikut ini beberapa alat digital yang akan kita rasakan sebelum tahun 2020:
1. Google Glass, berbentuk kacamata yang unik dan segala fitur-fitur canggih yang ada didalamnya, diantaranya ada Gmaps Reality yang memungkinkan si pengguna melihat peta secara real, lalu ada kamera, SMS dan segala bentuk yang ada di smartphone anda. Harganya terbilang mahal, namun anda akan merasakan dunia berada tepat dihadapan anda.
2. Virtual Reality atau VR, hampir sama dengan Google Glass, namun bedanya ialah produk ini harus dilengkapi dengan smartphone yang memiliki spesifikasi gaeroskop, dan google pun menciptakan brandnya, yaitu google cardboard, dengan didukung game-game yang oke punya dan anda bisa mendapatkan gratis di playstore. Yang membuat google cardboard semakin digemari ialah, harganya yang terjangkau dan juga praktis.
3. SmartWatch, jam tangan pintar ini cukup menarik banyak peminat, karena anda akan merasakan sensasi smartphone yang ada dipergelangan tangan anda, dengan desain yang mewah dan fitur-fitur tercanggih menjadi keunggulan tersendiri pada jam tangan pintar ini, memang harganya terbilang mahal, namun dibekali dengan kualitas yang membuat kalian gak akan menyesal.

Jadi itulah beberapa alat digital yang sudah kita rasakan saat ini, kalian tentu tidak sabarkan ingin mengetahui alat-alat digital apa lagi yang akan lahir.



*Semoga Bermanfaat*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar