Minggu, 08 Januari 2017

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Nama: Daria Monica
NIM: H1031161078
Modul: 2 tugas resume video mata kuliah PTI


Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Menurut Wikipedia, payung besar teknologi mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup 2 aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi yaitu segala hal berkaitan dengan proses,penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi yaitu segala sesuatu berkaitan dengan pengunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

2. Jenis Perangkat Komputer
    Sistem computer mempunyai 3 jenis yaitu:
a) Hardware / perangkat keras yang  merupakan komponen fisik computer yang digunakan sistem untuk menjalankan sebuah perintah yang telah diprogramkan. Komponen computer tersebut berupa fisik yang dapat dilihat dan disentuh. Perangkat keras computer dibagi menjadi 3 yaitu input(masukan), output(keluaran), CPU(perangkat Proses). Perangkat keras input contohnya mouse, keyboard, dll. Perangkat keras output contohnya monitor, printer, proyektor, dll. Bagian bagian cpu ada casing, cd-dvd, power supply, RAM, video Card, microprocessor dll.
b) Software / perangkat lunak bisa diartikan sebagai data yang diprogram dan disimpan secara digital dalam bentuk aplikasi, termasuk program computer, dokumentasinya, dan informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh computer. Software/driver digunakan untuk mengontrol/mengatur hardware.
c) Brainware adalah kegiatan dalam pemanfaatan computer atau sistem pengolahan data yang setiap orang terlibat didalamnya. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware dibagi dalam 4 tingkatan, yaitu:
1. system analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
2. Programmer bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
3. Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem computer atau jaringan computer.
4. Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem computer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu.

3. Sejarah Komputer

   Evolusi computer generasi pertama pada tahun 1940-1959. ENIAC adalah computer generasi pertama komputel digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Komputer generasi kedua pada tahun 1959-1964. Transistor telah diciptakan oleh tiga saintis di Bell Laboratories dan mulai dipakai dalam teknologi computer tahun 1956. Generasi ketiga pada tahun 1964-1970, generasi ketiga teknologi integrated circuit (IC) menjadi ciri utama yang mulai digunakan hingga generasi sekarang. Generasi keempat pada tahun 1970 sampai sekarang. Mikroprocessor merupakan evolusi dari chip IC dimana merupakan rangkaian transistor didalam satu chip silicon yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar